Sabtu, 05 November 2011

Jawaban Soal Ujian Tengah Semester MARCOMM

Untuk memenuhi permintaan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang IT dan elektronik dalam menjalankan planningnya untuk membuat sebuah produk game console mobile yang pada nantinya akan bersaing dengan produk buatan Jepang.
kelebihan produk ini adalah sebagai berikut :
1. Kemampuan online jaringan secara wireless.
2. Harga yang relatif lebih murah dari game console buatan Jepang (tdiak lebih dari 1 juta rupiah).
3. Aplikasi game sebanyak 76 game.
Perusahaan ini memerlukan :

Nama Produk

Nama produk yang akan diberikan adalah GameTron.



Nama tersebut dipilih agar dapat langsung berbaur dengan market game console yang telah ada, dan tidak menimbulkan keasingan bagi produk yang baru datang di pasar ini.
Inilah model dari gameTron yang akan dikenalkan pada pasar.


 


Nama tersebut juga mewakili perusahaan pencipta produk tersebut yang juga bergerak dibidang elektonik. Juga kata “Game” yang mengandung filosofi arti Bermain, atau memainkan. Seperti yang juga dipakai oleh kompetitor perusahaan ini “Play” yang mengandung filosofi yang tak beda jauh.
Itulah nama yang akan diberikan kepada produk game console yang akan ditawarkan nantinya kepada market.

Penetapan Marketnya (Segmentasi & Targeting).

Setelah diminta menentukan nama selanjutnya saya akan menentukan segmentasi dan targeting dari produk ini,pengertian segmentasi secara umum dan luas adalah 

”cara memandang baik memandang secara kepribadian sampai hal-hal yang umum, seperti dari jenis kelamin, dari segi umur, dari yang punya mobil atau tidak, dari segi kebiasaan hemat atau boros, dan sebagainya. walaupun pasarnya tetap, namun cara segmentasinya bisa macam-macam. Setelah pasar dipetakan dan disegmentasi menjadi kelompok-kelompok pelanggan potensial dengan karakteristik dan perilaku serupa, perusahaan perlu memilih segmen mana yang mau dimasuki.
segmentasi juga harus mendalami aspek-aspek kecil dalam pasar, seperti psikologi costumer, untuk memudahkan marketing yang kita lakukan pada nantinya.”

dari pengertian diatas dapat diterapkan kedalam produk GameTron ini untuk mensegmentasikan marketnya, saya telah menganalisisnya dan berikut adalah paparannya :
  • ·         dari Genrenya produk ini bisa dimainkan oleh Pria maupun Wanita.
  • ·         aspek umur yang dituju adalah Costumer yang berumur 15 s/d 28 Tahun,
  • ·         Costumer yang memerlukan entertainment secara instant.
  • ·         Juga ditujukan bagi mereka yang suka akan tantangan dalam permainan.
  • ·         Costumer terpelajar baik itu Sekolah Menengah Atas, Mahasiswa maupun karyawan.
  • ·         Costumer  yang suka akan teknologi permainan.
  • ·         Costumer yang suka bepergian yang memerlukan permainan secara portable.
  • ·         Costumer yang berpenghasilan antara Rp.1.500.000,- s/d Rp.2.000.000,- perbulan.
  • ·         Jika pelajar mereka yang mempunyai uang jajan Rp.30.000,- s/d Rp.50.000,- perhari.
  • ·         Costumer yang mencintai produk lokal asli buatan Negeri.
  • ·         Costumer ingin mencoba game buatan negeri.
Itulah segmentasi yang telah saya jabarkan dalam point-point yang telah disusun, berbagai aspek dan kemungkinannya pun telah saya masukan.
selanjutnya saya akan menjabarkan targeting untuk GameTron ini.
GameTron menargetkan mereka yang cinta produk lokal, maka dari itu nantinya dalam penjualan GameTron nantinya akan disertakan sticker 100% CINTA INDONESIA sebuah program yang dibuat oleh pemerintah untuk mendukung produk-produk Nasional dalam bersaing dengan produk Internasional.

Inilah stiker yang nantinya dimasukan dalam paket penjualan GameTron.


Planning Targeting yang coba di rancang oleh untuk GameTron ini sangat di dukung dengan permainan yang sudah di include dengan permainan buatan dalam Negeri sendiri, jadi pada nantinya  
costumer yang ditargetkan mereka yang cinta akan produk lokal menjadi tertarik.

Penentuan Positioning produk

Selanjutnya untuk melengkapi planning produk GameTron ini maka saya harus menyusun positioningnya, yang akan saya terangkan dari positioning produk ini adalah harga yang lebih kompetitif dan best value untuk kategori game console,serta disandingkan dengan fitur yang tinggi seperti dapat melakukan koneksi wireless,karena harga yang ditawarkan untuk produk GameTron ini tidak lebih dari satu juta rupiah.
berikut ini saya paparkan gambar dari kompetitor GameTron yang notabene merupakan buatan jepang.

 
Sony Playstation Portable yang dijual dengan harga Rp.2.500.000,- dipasaran Indonesia

 
Nintendo DS Lite yang dijual dengan harga Rp.1.800.000,- dipasaran Indonesia.

Dengan masih mahalnya produk game console yang ada dipasaran maka GameTron akan dengan mudah mengambil positioning di market sebagai produk game console yang murah dengan kualitas teknologi yang dapat disandingkan dengan produk buatan luar negeri, khususnya Jepang.
pelayanan tambahan seperti pelayanan service dan garansi juga akan menjadi part of strategy yang akan dijalankan, agar nantinya positioning ini tidak bergeser karena kekhawatiran costumer akan kualitas game console buatan negeri ini.


Penetapan Ekuitas Merk apa saja yang dapat dibangun

Dan yang terakhir saya harus menetapkan equitas merk apa saja yang dapat dibangun dengan produk GameTron ini, selanjutnya saya akan mengacu pada pendapat Soehadi seorang pakar marketing, menurut dia untukk membangu ekuitas sesuatu mek maka diperlukan 7 point penting, yaitu :

1.      Leadership: kemampuan untuk mempengaruhi pasar, baik harga maupun atribut non-harga
2.      Stability: kemampuan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan.
3.      Market: kekuatan merek untuk meningkatkan kinerja toko atau distributor.
4.      Internationality: kemampuan merek untuk keluar dari area geografisnya atau masuk ke   negara atau daerah lain.
5.      Trend: merek menjadi semakin penting dalam industri.
6.      Support: besarnya dana yang dikeluarkan untuk mengkomunikasikan merek.
7.       Protection: merek tersebut mempunyai legalitas

Maka meengacu pada pernyataan Soehadi diatas saya akan menyesuaikannya dengan produk GameTron ini.



1.       Leadership
      Kemampuan yang dimiliki produk ini adalah harga yang murah dan fitur yang canggih, maka dari itu Leadership dalam memimpin market khususnya dalam menyaingi kompetitor yang sudah ada sangat memungkinkan dan dapat terbuka peluang yang lebar.
2.       Stability
      Untuk mempertahankan kepercayaan dan keloyalan costumer maka produk GameTron akan juga menguatkan dari segi pelayanan penjualan, baik itu memberikan garansi service, jaminan ataupun pelayanan cepat untuk para costumer.
3      Market
      Untuk meningkatkan kinerja distributor dalam melakukan penjualan terhadap produk GameTron ini maka perusahaan akan memberikan intensif berupa bonus maupun gratis 1 produk jika berhasil menjual 10 produk kepada distributor.
4.       Internationality
untuk penjualan keluar negeri maka GameTron akan sangat cocok jika dijual dalam Region Asean, karena sesuai geografis dan demografisnya wilayah asean tidak berbeda jauh dengan di Indonesia sendiri, maka Produk GameTron ini siap dipasarkan ke wilayah diluar negeri.
5.       Trend
D    dalam prosesnya nanti GameTron akan dijadikan merk yang dapat diperhitungkan dalam kancah persaingan antar game console di  tanah air, karena dengan harga yang murah kemungkinan orang banyak memilikinya juga besar. Dan bisa menjadikan trend dikalangan masyarakat.
6.       Support
      Untuk mendukung proses periklanannya maka GameTron akan mengiklankan produknya di media cetak, Internet maupun televisi nantinya.
7.       Protection
      GameTron mempunyai kelegalitasan dalam produknya, dari mulai game hingga desain semuanya legal, tidak ada yang meniru produk manapun, untuk permainannya sendiri bahkan GameTron sudah membayar royalti dari para pembuatnya.
       jadi untuk kelegalitasannya sudah sangat safety.

Itulah penetapan ekuitas yang dapat dibangun untuk produk GameTron ini.
yang telah diperhitungkan secara matang dan tepat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar