Minggu, 11 September 2011

Pengertian Segmentasi, Targeting dan Positioning


Pada posting selanjutnya ini saya akan membahas pengertian segmentasi, targeting dan positioning secara spesifik.

  • Segmentasi


pengertian segmentasi adalah bisa kita katakan sebagai cara memandang baik memandang secara kepribadian sampai hal-hal yang umum, seperti dari jenis kelamin, dari segi umur, dari yang punya mobil atau tidak, dari segi kebiasaan hemat atau boros, dan sebagainya. walaupun pasarnya tetap, namun cara segmentasinya bisa macam-macam. Setelah pasar dipetakan dan disegmentasi menjadi kelompok-kelompok pelanggan potensial dengan karakteristik dan perilaku serupa, perusahaan perlu memilih segmen mana yang mau dimasuki.
segmentasi juga harus mendalami aspek-aspek kecil dalam pasar, seperti psikologi costumer, untuk memudahkan marketing yang kita lakukan pada nantinya.

  • Targeting 







Targeting didefinisikan sebagai cara mengalokasikan sumber daya perusahaan secara efektif, yaitu dengan memilih target market yang tepat. Targeting disebut sebagai fitting strategy karena kita menyamakan (fitting) sumber daya perusahaan Anda dengan kebutuhan target pasar yang dipilih. Dan unsur terakhir dari Strategy adalah Positioning. Setelah memetakan pasar, dan menyesuaikan sumber daya perusahaan Anda dengan segmen yang dipilih, maka kemudian Anda harus memiliki posisi yang kredibel dalam benak mereka.
dalam targeting ini jika tingkat ketepatan anda bagus dalam memilih target yang akan dituju sebagai sasaran marketing maka dapat dipastikan tingkat keefisiensian perusahaan yang anda manage akan tinggi dan efektif tentunya.




  • Positioning



dalam positioning kita harus memposisikan merek kita di dalam benak pelanggan, yaitu apa sesungguhnya yang kita tawarkan. Positioning sangat penting karena merupakan raison dtre merek kita. Jadi, kalau kita sudah berhasil merumuskan STP yang tepat, kita akan bisa memenangkan perang di mind share. Bisa saja kita saat ini kalah di market share, namun jika mind share dan apalagi heart share Anda masih kuat, peluang kita untuk meraih market share yang hilang terbuka lebar.
karena positioning ini adalah menanamkan suatu kepercayaan atau image baik dalam pikiran setiap costumer tentang produk yang kita tawarkan.
jika positioning telah kita dapatkan dengan kepercayaan baik dari costumer maka dipastikan itu akan mendapat tempat yang lama dipikiran dan hati costumer kita.


itulah sekilas mengenai  Pengertian Segmentasi, Targeting dan Positioning yang saya paparkan, saya sangat mengharapkan saran dan kritik dari pembaca sekalian untuk kemajuan blog yang saya tulis ini. Terima Kasih..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar